Selasa, 02 Februari 2016

Curhatan Mahasiswa Tingkat Akhir

Disini saya akan menulis bagaimana rasanya menjadi mahasiswa tingkat akhir menurut  apa yang saya rasakan, apa yang saya alami, apa yang teman saya alami, apa yang teman-teman saya ceritakan Biarlah kalimat-kalimatnya berantakan dan tak serapi juga tak sebaik sebaik kalimat-kalimat yang ada di skripsi, karna ini cerita saya, ini blog saya, saya yang bercerita dan ini hanya sekedar curahan hati semata.

Berbicara mengenai mahasiswa tingkat akhir, mahasiswa yang udah menelan banyak ilmu semasa kuliah dan tinggal menantikan kelulusan dan wisuda. Tapi mahasiswa tingkat akhir ini sedang berada di puncak penderitaan, nah apa saja sih derita mahasiswa tingkat akhir? Ini dia deritanya :

1.      Mengalami kegundahan hati setiap waktu

Ya, mahasiswa tingkat akhir selalu dihantui rasa gundah gulana, kebingungan, banyak pikiran dan ketakutan (ada yang takut, ada). Mengapa demikian..? Kalian tahu skripsikan..? Tau dong pasti, kalau ga tau coba searching di google dulu. Selama seorang mahasiswa tingkat akhir sedang menyusun skripsi pasti ada saja kegalauan-kegalauan yang dihadapinya, bisa saja seperti berkali-kali ganti judul karna selalu ga pas, gak sesuai, ga bisa dilaksanakan penelitian, gak bisa dijalankan dan gak bisa gak bisa lainnya. Selain itu bisa saja bermasalah dengan pembimbing yang perpeksionis tak hentinya revisi-revisi, bimbingan pertama bilang gak boleh pake yang A yang B aja, udah susah payah di revisi jadi B disuruh ganti jadi C, C lebih bagus katanya, kemudian jungkir balik deh mahasiswa tersebut nyari sumber kemana-mana, begadang tiap malam demi revisi dan akhirnya setelah sudah direvisi jadi C, pembimbingnya bilang kenapa gak pake yang A aja? “Apa?! Saya dipermainkan!” isi hati sang mahasiswa yang harus balik lagi revisi menjadi seperti semula. (iya ada tuh tapi pembimbing yang kadang lupa gitu, pembimbingnya orang lain tapi). Santai kawan, gak usah protes “loh awalnya saya juga kan yang A, tau gini gak usah revis-revisi... bla bla bla” atau protes yang lain-lainnya, gak usah, pembimbing yang lupa/plin plan pun tetep mahasiswa mah salah, maklum mahasiswa kan gak cuman satu. Mahasiswa mah cuman mikirin satu skripsi, pembimbing mikirin banyak skripsi mahasiswa-mahasiswanya, emang mahasiswa lo doang, baiknya ya saling memaklumi saja. Selain masalah revisi ada juga masalah kepikiran, ya kepikiran ini hantunya mahasiswa tingkat akhir. Kepikiran “kenapa kok skripsi saya belum beres?” atau “gimana biar skripsi ini cepet beres?” atau “bingung mau beresin susah nyari sumbernya, pengen cepet beres” atau “ini penelitian dimana? Berhasil gak yah? Gimana kalo ga berhasil?” atau pikiran penuh gimana “gimana kalo gini gimana kalo gitu” dan pikiran-pikiran lain tentang skripsi yang belum beres, tapi ya gitu aja terus, dipikirin aja terus dikerjain engga. Saking banyaknya pikiran buka laptop malah bengong, 5 jam kemudian tepar di alam mimpi. Kemudian jelas banget pastinya kalau mahasiswa tingkat akhir yang lagi nyusun skripsi pasti mengalami kebingungan yang sangat, pasti. Dan juga ada yang mengalami ketakutan, diantaranya takut pembimbing marah, takut salah bikin skripsi, takut gagal penelitian, takut gak beres-beres dan takut-takut lainnya.

2.      Emosi tidak stabil

Persaaan gundah gulana, bingung, galau, takut, dan semacamnya dapat membuat emosi menjadi tidak stabil dan mood berubah-ubah. Disaat skripsi banyak revisian dan sedang berada dipuncak kebingungan, tiba-tiba ada yang minjem laptop, pasti mahasiswa yang sedang puyeng itu langsung marah-marah sama yang minjem sampe ngelempar sendal, sendok, garpu dan alat tulis lainnya. Ketika lagi fokus revisi, udah banyak, udah beres, udah baik kalimat dan kata-katanya eh malah ga ke save, udah yakin itu mah meledak emosinya udah kaya mau bakar api pake air. Atau pas mau di print dan printernya malah ngadat, itu mahasiswa bisa lebih ngadat bisa sampe guling-guling di tanah. Pokonya mahasiswa tingkat akhir itu terkadang tingkat emosionalnya bertambah, marah-marah aja terus. Nah, ada juga yang moodnya berubah-ubah kadang dia bahagia shoping di mall, nonton, makan-makan, jalan-jalan pulangnya dia nangis, iya tiap diem di rumah inget skripsi dan revisian. Atau misalnya lagi nyantai ga ada kerjaan, tidur siang, main game, nonton tv, pas ditanya “skripsi gimana? Udah bisa nyantai aja nih” jawabannya “selow aja santai, dikit lagi” 5 menit kemudian kepikiran, 15 menit kemudian nangis, bingung, marah, curhat ke temen. 2 jam kemudian buka laptop dan bengong selama 3 jam kemudian tepar memasuki dunia mimpi, pas bangun udah lupa lagi, moodnya berubah jadi baik, jadi manusia ramah seperti sediakala sambil update status “selamat pagi”, “pagi dunia” atau “pagi semesta”. Dan terus aja hari-harinya itu dilalui dengan emosi dan mood yang berubah-ubah. Kasian, kan lelah.

3.      Diserang banyak pertanyaan menakutkan

Banyak pertanyaan-pertanyaan yang sangat menakutkan bagi mahasiswa tingkat akhir. Diantaranya yaitu pertanyaan “ kapan lulus?”, “udah lulus belum?”, “kapan wisuda?” atau “kok kuliah terus? Kapan beres?” nah pertanyaan macam begini ini nih yang ngeri nih, please lah kasian mahasiswa tingkat akhir tuh lagi pada berjuang sabar aja tungguin nanti beres kok kuliahya kalau waktunya sudah tiba. Ya apalagi kadang ada tuh yang gak pernah mengalami kuliah tapi nanya-nanya kenapa kok gak lulus-lulus, dengan pertanyaan yang menyakitkan hati seolah-olah gimana gitu. Beri senyuman dan sabar aja ya kawan mahasiswa. Lalu bagi mahasiswa yang jarang bimbingan eh dijalan ketemu pembimbing ditanya dong “kenapa jarang bimbingan?” nakutin banget ini pertanyaan karna sebelum nanya juga udah takut duluan, atau ada temen yang tiba-tiba nanya “eh ditanyain pembimbingmu tuh, kenapa jarang bimbingan?” temen yang baik nan imut-imut pun jadi menyeramkan kalau nanyanya gini sama mahasiswa yang jarang bimbingan. Kemudian pertanyaan dari mahasiswa jurusan lain, atau yang sejurusan yang nanya “udah bab berapa?” ini kadang ada yang takut ada yang engga, yang engga ya yang udah beres tiap babnya jadi nyantai kalo ada yang nanya masalah “udah bab berapa?” yang belum beres nih bingung mau bilang masih bab 1, dari dulu bab 1 mulu, pasti temennya udah bab 4 lah atau udah beres, rasanya pasti pengen lari sampe ujung dunia.

4.      Kena masalah keuangan

Ongkos bulak-balik bimbingan, ongkos bulak-balik kesana kemari nyari sumber, biaya beli buku sumber, biaya internet, biaya ngeprint, revisi, ngeprint, revisi, biaya penelitian dan biaya-biaya lainnya, jadi siap-siap aja kalau keuanganmu bermasalah tabungan terpaksa keambil buat photocopy atau ngeprint mendadak di rental komputer, gak sempet jalan-jalan karna ga punya uang, ga sempet ke kondangan karna ga punya uang, muka kucel karna pelembab muka abis ga ada uang buat beli lagi dan lain-lain. Jadi jangan heran kalo mahasiswa tingkat akhir kebanyakan keliatannya kucel-kucel.

5.      Masalah kesehatan

Ini pasti dialami, mengapa? Karna skripsi bisa menyebabkan lupa, lupa makan, lupa minum, lupa tidur, lupa waktu, lupa olah raga dan lupa umur (please, umurmu makin menua beresin cepet knapa itu skripsi?). Karena sering kelupaan, akhirnya kurang makan kurang tidur, kena magh, masuk angin, kepala pusing, tekanan darah turun naik ga stabil, muka kusam, jerawatan gak keurus, mata lelah dan badan lesu. Jadi jagalah kesehatan disaat sedang menyusun skripsi.


Oke, sampai disini dulu cerita tentang mahasiswa tingkat akhir dari saya. Jika ada derita-derita lainnya yang terlupakan dan terlewatkan bisa ditambahkan di kolom komentar. Biar kita ga mengalami yang namanya penderitaan semacam ini, so susunlah skripsi kalian sebaik mungkin, yang rajin, yang sabar, yang giat, teruslah berusaha dan berdo’a.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suatu ketika, aku pernah harus merelakan sesuatu Sesuatu yang sama sekali tidak ingin kulepas Butuh proses yang cukup kuat untuk bisa meyaki...